Kunjungan Resmi Aliens ke Bumi

(Anekdot Feminis)

Konon, suatu hari para ahli luar angkasa menerima pesan dari makhluk planet lain. Mereka menyatakan minat berkunjung dan mengadakan studi perbandingan ke bumi.

Sambutan meledak-ledak bukan saja dari kalangan ahli. Perusahaan pemancar televisi, dan pembuat film berlomba-lomba mendapat tempat dalam acara sambut-an itu. Pabrik sepatu, kemeja, minuman dan parfum berlomba ikut menjadi sponsor acara.

Akhirnya tibalah hari H. Para tamu dari planet lain itu diajak berkeliling ke pusat-pusat peradaban manusia, baik warisan budaya klasik maupun puncak tekonologi kontemporer. Seluruh acara kunjungan diikuti ratusan juta penduduk bumi lewat siaran langsung televisi.

Di ujung kunjungan resmi itu diadakan upacara perpisahan. Para tamu diminta memberikan kesan-kesannya. Aneka pujian dihamburkan bak kembang api. Tepuk tangan berkali-kali menggelegar di antara hadirin makhluk bumi yang bangga.

“Tapi,” kata sang alien tiba-tiba, “ada yang ganjil tentang kehidupan di bumi ini.”
Serentak perhatian hadirin manusia tertuju kepadanya.

“Apa? Katakan, apa yang ganjil,” teriak mereka hampir bersamaan.

“Yang aneh,” kata sang alien, “setiap kali kami berjalan-jalan di pusat kota-kota metropolitan di malam hari, yang kelihatannya hanya pria. Baik di Jakarta, New Delhi, Tokyo atau pun New York.”

Para hadirin menjadi lega, “Oh itu.” Seorang petinggi dari bumi menjelaskan, “Itu lumrah. Maklum, kalau malam pusat-pusat kota kurang aman. Demi alasan keamanan, kebanyakan wanita dan anak-anak tinggal di dalam rumah.”

Penjelasan ini kurang memuaskan para aliens. Mereka kelihatan bingung dan sibuk berbisik-bisik dalam bahasa planet mereka. Sampai-sampai tuan rumahnya bertanya, “Apakah penjelasan tadi kurang jelas?”

Salah seorang alien itu menjawab, “Terus terang kami masih tak paham. Kalau di planet kami ada binatang yang buas dan berbahaya bagi umum, maka yang dikurung adalah binatang itu. Bukan korbannya. ”

Tamat

Sumber :

Heryanto, Ariel (1997) “Cantik”, Kompas, 14 September 1997, hal. 2.

Keywords:

aliens berkunjung ke bumi

Aliens pernah ke bumi

Cerpen aliens

Cerpen feminisme

Anekdot feminisme

Tentang feminisme

3 tanggapan untuk “Kunjungan Resmi Aliens ke Bumi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s